bulan november 2017, Panitia Penyelenggara Kegiatan Nihai ( PPNI ) mengadakan kegiatan “Amaliyah Tadris” atau yang sering disebut dengan praktek mengajar. ini adalah salah satu kegiatan yang di peruntukkan untuk kelas akhir pada PPTQ Qoryatul Qur’an untuk membentuk santri sebagai para pendidik, murabbi  yang selalu mengarahkan muridnya untuk bisa mendalami ilmu agama.

Sebagaimana tahun – tahun sebelumnya, kegiatan Amaliyah Tadris kali ini diikuti oleh 13 Santri kelas 3 KMA TQ, sedangkan kelas yang digunakan untuk praktek adalah kelas 1 – 3 SMP TQ di PPTQ Qoryatul Quran Putri. kegiatan ini dimulai dari tanggal 06 – 11 Nopember 2017.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah mempraktikkan ilmu yang telah mereka dalami dari buku ‘Ushulu Taribiyah dan Ta’lim” agar bisa dipraktikkan kepada adik kelas mereka. sebelum mengajar mereka harus menyiapkan I’dadu Durus atau yang sekarang terkenal dengan Silabus sebagai panduan untuk mengajar mereka. semoga dengan kegiatan ini akan tumbuh bibit pengajar ( guru ) yang siap diterjunkan ke masyarakat untuk mendidik generasi robbani.