Selasa, 25 April 2017 bertempat di masjid Al Muttaqien komplek pesantren Tahfidzul Qur’an Qoryatul Qur’an Putri dukuh Pucung desa Karangmojo kecamatan Weru kab Sukoharjo, santriwati kelas 3 KMA TQ ( Niha’ie ) atas nama Intan Nur Rahmah yang berasal dari Pojok Tawangsari Sukoharjo melaksanakan ujian 30 juz sekali majelis. Intan menyelesaikan hafalannya 30 juz pada semester ke 2 kelas 1 KMA TQ. Sebelumnya Intan Nur Rohmah sudah melewati beberapa tahapan untuk bisa ujian 30 juz sekali duduk, diantaranya :

  1. Ujian satu hari satu juz selama 30 hari
  2. Ujian 3 juz sekali majelis dan 10 hari
  3. Ujian 5 juz sekali majelis dalam 6 hari
  4. dan ujian 10 juz sekali majelis dalam 3 hari

Ujian dimulai pukul 5 pagi dengan didampingin para muhafidoh dan para santriwati per kelas, ayat demi ayat surat demi surat dan juz demi juz dibaca hingga akhirnya selesai pada pukul 20.00  malam, haru bercampur bangga dan bahagia menyelimuti santriwati kita Intan dan juga para pengurus dan juga asatidzah.

acara penutupan ujian dihadiri oleh pengurus yayasan, dewan asatidzah dan orang tua dari Intan, acara dimulai dengan khataman juz 30 dan dilanjutkan dengan do’a khotmul qur’an yang di pimpin oleh Ust. Didik Efendi, S.E selaku perwakilan dari yayasan Qoryatul Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan tausyiah dari Mudir Ma’had Ust. Sukino, S.Pd, M.Pd.

acara ditutup dengan tasyakuran dengan makan bersama antara pengurus, asatidzah dan santriwati semua sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada sang maha pencipta yang telah memudahkan para santriwati dalam menghafal Al Qur’an.

harapan yang disampaikan oleh mudir adalah agar hal semacam ini sebagai motivasi dan contoh yang baik yang dapat diambil oleh santriwati yang lain.